Selasa, 24 November 2015

Jawaban Pertanyaan Kelompok Probiotik #askinterpersonal4

Jawaban Pertanyaan
1.    Laila Hasanah @iil_laila
Apa yang harus dilakukan konselor jika klien tidak datang kembali setelah adanya komitmen untuk evaluasi?
Jawaban : Satu hari sebelum hari yang sudah disepakati, ahli gizi melakukan komunikasi untuk menginatkan klien agar esok datang untuk menjalani konseling lanjutan, lalu ahli gizi melakukan lagi komunikasi untuk mengingatkan konsultasi lanjutan di hari yang sudah disepakati. Tetapi apabila pada hari dimana kesepakatan konseling lanjutan klien tidak datang maka ahli gizi boleh menanyakan alasan klien tidak datang dan apabila memungkinkan karena klien memiliki urusan yang sangat mendadak maka dapat dilakukan penjadwalan ulang.
2.    Linda Marsya @lindamrsy
Dalam langkah-langkah konseling, langkah manakah yang paling penting? Mengapa?
Jawaban : Setiap langkah-langkah pada konseling adalah langkah yang sangat penting, maka dari itu pada langkah-langkah konseling tidak ada langkah yang kurang penting, biasa saja, dan penting. Setiap langkah-langkah konseling sangat penting karena setiap langkah memiliki maksud dan tujuannya secara khusus untuk meningkatkan kualitas konseling agar dapat berjalan dengan baik.
3.    Nurhayati Simarmata @nurhayatisimar3
Apa perbedaan konselor, konseling dan penyuluhan? Dan berikan contoh kasusnya?
Jawaban :
a.    Konselor adalah seseorang yang memiliki keahlian dalam kegiatan konseling.
b.    Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli atau konselor kepada individu yang mengalami sesuatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi klien.
c.    Penyuluhan adalah pemberian penerangan kepada masyarakat tentang suatu hal yang dianggap perlu baik bersifat informatif, persuasif, rekreatif atau model gabungan
d.    Contoh kasus
-       Seorang klien mengalami masalah BB dan dia melakukan konseling dengan konselor atau ahli gizi di suatu klinik.
-       Seorang ahli gizi melakukan penyuluhan mengenai gizi seimbang di masyarakat pedesaan agar masyarakat mengetahui hingga merubah prilaku makannya dengan memakan makanan gizi seimbang.
4.    Rafika Silvana @rafika_silvana
Adakah perbedaan konseling gizi rawat jalan dengan rawat inap?
Jawaban : Tidak ada perbedaan dalam tahap-tahap konseling antara konseling gizi rawat jalan dan rawat inap. Hal ini sesuai dengan penjabaran Sunita Almatsier (2004) adalah Proses pelayanan gizi rawat inap dan rawat jalan terdiri atas empat tahap, yaitu : 1) Assesment atau pengkajian gizi; 2) Perencanaan pelayanan gizi dengan menetapkan tujuan dan strategi; 3) Implementasi pelayanan gizi sesuai rencana; 4) Monitoring dan evaluasi pelayanan gizi. Perbedaannya terletak dengan sasaran konseling, untuk konseling rawat inap dilakukan pada pasien rawat inap rumah sakit lalu konseling rawat jalan dilakukan pada klien yang mempunyai masalah dengan gizi dan tidak dirawat di rumah sakit.
5.    Widya Musliha @widyamusliha
Apakah tetap terjalin kerjasama pada semua tim asuhan gizi saat klien melakukan konsultasi gizi rawat jalan?
Jawaban : Kerjasama antara semua tim pada asuhan gizi rawat jalan masih terjalin, contohnya pada konseling gizi dibutuhkan data nilai biokimia, maka ahli gizi tidak berhak melakukan pemeriksaan biokimia klien, lalu ahli gizi memberikan kewenangan itu kepada analis kesehatan dalam melakukan pemeriksaan nilai biokimia klien.
6.    Romanti Surya @RomantiSurya
Jika pasien menghubungi saudara ditengah malam untuk menanyakan diet yang sudah anda jelaskan oleh saudara, bagaimana menyikapinya?
Jawaban : Apabila klien menghubungi ahli gizi di tengah malam maka untuk pertama kalinya maka ahli gizi menjelaskan kembali secara singkat dan memberikan arahan agar dikemudian hari untuk menghubunginya pada saat pagi hari saja.
7.    Endah Yuniawati @YuniawatiEndah
Sebutkan pengaruh media pada konsultasi gizi terutama terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan pasien Rajal?
Jawaban : Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan klien dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan klien. Media dapat berisi tulisan, gambar atau contoh-contoh kegiatan yang dapat dilakukan sehingga klien akan mendapatkan arahan baik pengetahuan sikap bahkan tindakannya.
8.    Andini Dhea @adheaFP
Bagaimana cara anda membuat daya tarik sehingga pasien kembali lagi ke anda sebagai konselor?
Jawaban : Seorang konselor yang memiliki sifat empati, jujur, membuka diri, pendengar yang aktif dan dapat dipercaya. Dengan kepribadian itu dimungkinkan konselor memiliki daya tarik sehingga membuat kenyamanan bagi klien yang melakukan konsultasi.
9.    Henny @hennybarutuu
Jika hasil monitoring yang dilakukan tidak ada kemajuan atau perubahan terhadap pas (pas menjalani diet dengan baik dan disiplin) bagaimana tindakan ahli gizi terhadap pas tersebut dan mengatasinya?
Jawaban : Melakukan evaluasi mengenai intervensi yang diberikan ahli gizi, seperti menanyakan kesulitan menjalani diet yang diberikan ahli gizi, berdiskusi kembali mengenai perencanaan diet, memperoleh komitmen dan melakukan penjadwalan ulang untuk melakukan konseling lanjutan.
10. Dinda Yulian Ardiani @dindadindoonk
Bagaimana mengatasi pasien yang sedang tidak mood, saat konsultasi rajal, karena pasien tidak mood, bias tidak jujur dalam konseling?
Jawaban : Pada saat konsultasi gizi klien sedang tidak mood untuk melakukan konsultasi gizi, ahli gizi diharapkan dapat selalu memberikan pelayanan yang ramah dan perhatian atau lakukan ice breaking seperti bertanya tentang kegiatannya atau personal historynya atau mendengarkan hal-hal yang membuat dia tidak mood terlebih dahulu sehingga sedikit-sedikit mood klien akan membaik dan konseling gizi dapat dilanjutkan. Apabila mood klien benar-benar tidak dapat diperbaiki maka ahli gizi meminta dengan baik-baik dan penuh perhatian agar bisa datang esok hari untuk melakukan konseling gizi lanjutan.
11. Dinda Yulian Ardiani @dindadindoonk
Bagaimana mengatasi klien yang sedang konsultasi, namun klien lebih banyak curhat tentang masalahnya ke kita yang tidak berhubungan dengan diit, sedangkan kita masih memiliki banyak klien untuk konsultasi tetapi waktu terbatas?
Jawaban : Sedikit demi sedikit ahli gizi mengarahkan kembali pertanyaannya, dengarkan curhatannya dengan empati dan pendengar aktif lalu perlahan sanggah curhatannya. Peganglah kembali kendali konsultasi oleh kita agar konseling dapat berjalan efektif dan efisien.
12. Cindy dwi A @dwicindydwi
Bagaimana cara seorang konselor menunjukan rasa empati kepada klien?
Jawaban : Cara konselor menunjukan rasa empati terhadap klien adalah dengan menampakkan ekspresi-ekspresi atau isyarat-isyarat non-verbal yang membuat orang lain merasa dimengerti dan diterima, karena kemampuan empati terutama melibatkan kemampuan seseorang untuk membaca perasaan lewat pemahaman terhadap isyarat-isyarat non verbal orang lain.
13. Diah Anggraeni @dianggraenidiah
Bagaimana monev konsul rajal ketika pasien memiliki keterbatasan jarak dan alat untuk berkomunikasi?
Jawaban : Pada saat konseling pertama apabila sudah diketahui klien memiliki keterbatasan jarak dan alat komunikasi untuk melakukan konseling lanjutan, jika memungkinkan ahli gizi meminta klien untuk mencari ahli gizi yang lebih dekat dengannya agar mudah dalam berkomunikasi, apabila tidak ada maka meminta klien diantarkan oleh saudara atau keluarganya untuk datang menjalankan monev. Kemudian yakinkan kembali pada klien bahwa proses monev tersebut penting untuk menyelesaikan masalah gizi dan meningkatkan kesehetan klien.
14. Delia S Yusfikasari @deliayusfika
Cara pendekatan yang efektif ketika menemukan pasien dengan karakter pasif dan tertutup?
Jawaban : Pendekatan yang efektif kepada klien yang pasif adalah memberikan pertanyaan-pertanyaan yang membuat klien menceritakan panjang mengenai dirinya, mencari tahu hal yang disukai klien yang sama-sama disukai oleh konselor sehingga klien akan bercerita tentang hal yang disukainya lalu pendekatan antara klien dan konselor berhasil.
15. Vanakia Daustin @17Vano
Bagaimana cara bersikap terhadap pasien yang terkesan sok tahu dan membangkang bahkan meragukan kita?
Jawaban : Sesekali berikan pertanyaan kepada klien tersebut yang membuat klien tersebut tidak mengetahui mengetahui itu tetapi harus tetap diperhatikan senyum dan keramahannya, ceritakan kepada klien sedikit mengenai prestasi dan pengalaman kita sehingga membuat klien percaya kepada kita sebagai konselor.
16. Arfin Eka Septiawan @arfin_eka
Bagaimana jika konsultasi gizi memiliki keterbatasan alat, apa yang dilakukan dan beri contoh?

Jawaban : Membuat alat itu dengan manual contohnya leaflet dengan tujuan yang sama yaitu mempermudah dalam penyampaian informasi kepada klien, contoh lain adalah saat konsultasi gizi memiliki keterbatasan dalam food model kita dapat gunakan URT dalam menggambarkan besaran makanan yang akan dimakan oleh klien, selain itu gunakan juga analogi benda lain sebagai acuan terhadap besaran makanan klien yang harus dikonsumsi contohnya kepingan CD menggambarkan besaran biscuit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar